Tentang Sleman One Search

Tentang Sleman One Search

Deskripsi Sleman One Search (SOS)

Sleman One Search (SOS) merupakan katalog induk (Union Catalog Server) yang dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Katalog Induk ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi berbasis web. 

Dengan SOS masyarakat dapat menulusur informasi terkait koleksi perpustakaan anggota SOS melalui satu pintu. Dengan SOS akan tercipta efisiensi dan efektivitas penelusuran informasi katalog perpustakan. Melalui satu titik akses, masyarakat dapat menelusur informasi ke banyak perpustakaan dan tidak perlu berkunjung ke setiap OPAC Perpustakaan. 

SOS akan lebih mengoptimalkan masyarakat dalam pemerolehan informasi yang ada dilingkungan Kabupatan Sleman. Inventasi untuk pengembangan perpustakaan akan terbayar dengan kemudahan akses masyarakat terhadap koleksi perpustakaan.

 

Urgensi Sleman One Search (SOS)

Pengembangan SOS ini berdasarkan beberapa alasan yang akan memberikan keuntungan bagi perpustakaan anggota SOS dan masyarakat Sleman. Alasan tersebut antara lain:

  1. Memungkinkan terciptanya efisiensi dan efektivitas dalam penelusuran informasi. 
    Masyarakat dan pengelola perpustakaan dapat melakukan penelusuran informasi ke banyak perpustakaan di wilayah Sleman melalui satu portal. Pola penelusuran seperti ini akan menciptakan efektivitas dan efisiensi waktu dalam penelusuran informasi.
  2. Tersedianya portal yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pengadaan bahan pustaka perpustakaan. 
    SOS memberikan data koleksi dari banyak perpustakaan. Pengelola perpustakaan dapat memanfaatkan portal ini sebagai referensi dalam kegiatan pengembangan koleksi. Pengelola perpustakaan atau pustakawan dapat melihat koleksi terbaru yang dimiliki perpustakaan lain melalui portal SOS.
  3. Memungkinkan pustakawan melakukan copy cataloging
    Copy cataloging merupakan fasilitas yang memungkinkan pustakawan melakukan copy data bibliografi koleksi yang ada di SOS. Dengan fasilitas ini pustakawan tidak perlu memasukkan data bibliografi koleksi yang telah terunggah di dalam SOS, cukup dengan melakukan copy cataloging pustakawan akan memiliki data koleksi yang ada di SOS untuk dapat dipergunakan dalam aplikasi otomasi perpustakaannya.  Untuk dapat melakukan copy cataloging disyaratkan menggunakan aplikasi otomasi perpustakaan berbasis SLIMS. Dengan fasilitas copy cataloging proses pengolahan koleksi akan lebih cepat. 

 

Keanggotaaan Sleman One Search (SOS)

  • Anggota
    Di awal pengembangan SOS beranggotakan Perpustakaan Kabupaten Sleman yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Perpustakaan Desa dan Taman Baca Masyarakat yang ada di lingkungan Kabupaten Sleman. Akan tetapi, ke depannya diharapkan lebih banyak perpustakaan di Sleman yang dapat tergabung di dalam SOS. Ragam perpustakaan yang direkomendasikan tergabung di dalam SOS antara lain: 
  1. Perpustakaan sekolah
  2. Perpustakaan khusus 
  3. Perpustakaan Rumah Ibadah
  4. Perpustakaan Desa
  5. Taman Baca Masyarakat (TBM)
  • Syarat Keanggotaan SOS
    Keanggotaan SOS terbuka bagi seluruh perpustakaan yang berada di lingkungan Kabupaten Sleman. Namun ada syarat tertentu untuk tergabung dalam SOS. Syarat-syarat tersebut antara lain:
  1. Menggunakan aplikasi otomasi perpustakaan seperti SLiMS, Inlistlite, OpenBiblio, IBRA dan aplikasi lainnya.
  2. Memiliki data bibliografi dalam format excell atau MS Word.
  • Prosedur Berbagung ke dalam SOS
    Untuk tergabung ke dalam SOS, Prosedur pendaftarannya adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi form pendaftaran yang dapat diunduh dari portal SOS
  2. Mengirimkan data bibliografi dalam format .csv, .xls atau .doc
  3. Menunggu konfirmasi dari petugas SOS

Advanced Search


  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Statistik Pengunjung


Sejak 1 Agustus 2018:
  • Pengunjung hari ini: 34
  • Total Pengunjung: 9835
  • Hits hari ini: 1272
  • Total Hits: 544359
  • Pengunjung online: 8